MqB7MaFcMqN5MGtbNWV7MqxdLDcsynIkynwdxn1c
Haji 2021 Dimulai, Jamaah Melaksanakan Tawaf Qudum

Haji 2021 Dimulai, Jamaah Melaksanakan Tawaf Qudum

Haji 2021 Dimulai, Jamaah Melaksanakan Tawaf Qudum

Hajimujamalah.com, Riyadh - Para jamaah haji mulai berdatangan ke Masjidil Haram untuk melaksanakan Thawaf Qudum atau disebut juga dengan Thawaf Kedatangan.

Pengertian Thawaf Qudum

Dilansir dari situs almanhaj,

Thawaf Qudum adalah thawâf  yang dilakukan oleh orang yang baru tiba di Mekah sebagai penghormatan terhadap Ka’bah dan disyari’atkan bagi orang yang datang dari luar Mekah sebagai penghormatan kepada Baitullah (Ka’bah).

Sehingga thawaf Qudum ini dilakukan orang orang yang berhaji ifrad dan qiran apabila telah berihram dari luar kota Mekah dan memasuki kota Mekah sebelum wukuf di Arafah.

Adapun orang yang berihram haji ifrâd atau qiran dan belum masuk Mekah kecuali setelah wukuf di Arafah, maka dia tidak melakukan thawaf Qudum, akan tetapi melakukan thawaf  Ifadhah yang dilakukan setelah wukuf.

Sedangkan mereka yang berhaji tamattu maka tidak melakukannya karena mereka melakukan ibadah umroh kemudian berhaji.

Pelaksanaan Haji 2021 masih dengan protokol kesehatan yang ketat, setiap jamaah wajib mengenakan masker ketika melakukan thawaf dan mengikuti petugas pada kelompoknya masing-masing.

Lebih dari 500 petugas disiapkan untuk melayani para jamaah haji 2021 selama melaksanakan thawaf.

Sebanyak 60 ribu orang yang sudah menetap di Arab Saudi yang diizinkan untuk berhaji tahun ini, dan mereka semua telah lolos seleksi dari sejumlah 500 ribu orang yang ikut mendaftar.



















Smart Card Haji 2021

Kartu Cerdas Shaaer menjadi salah satu layanan utama bagi para jamaah haji tahun ini. Mereka wajib mengunduhnya sebelum memulai pelaksanaan ibadah haji. Shaaer Smart Card memberikan informasi detail mengenai identitas para jamaah haji dan layanan tersebut terhubung ke semua layanan elektronik haji 2021 yang disediakan oleh pemerintah Arab Saudi.

Salah satu fitur yang penting di masa pandemi ini adalah status kesehatan jamaah, di mana para petugas bisa mengontrol status kesehatan para jamaah dan jamaah juga bisa melakukan komunikasi dua arah dengan layanan tersebut untuk memudahkan pemantauan setiap jamaah haji.

Dilansir dari Arab News, para jamaah yang bisa melaksanakan haji tahun 2021 ini adalah para jamaah yang telah melaksanakan dua dosis vaksin resmi yang disediakan oleh pemerintah Arab Saudi. Protokol kesehatan seperti physical distancing, menjaga jarak juga masih diterapkan pada musim haji 2021 ini.



Banyak terdapat pemanfaatan teknologi canggih tepat guna pada musim haji 2021 ini, seperti robot zam zam dan robot disinfeksi otomatis yang berkeliling menyemprot cairan disinfektan di sekitar Masjidil Haram.

Alhamdulillah, segala pujian hanya untuk Allah subhanahu Wa Ta'ala karena dengan karunia-NYA ibadah haji tahun ini dapat terselenggara, meski dalam jumlah terbatas. Semoga Allkah terima ibadah haji para jamaah semuanya, Aamiin Allahumma Aamiin.


Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.
Kontak Kami via Whatsapp